Tentang INA

Indonesia Investment Authority

Indonesia Investment Authority (INA) adalah sovereign wealth fund Indonesia yang bertujuan membangun kesejahteraan bagi generasi mendatang dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

Potensi besar yang dimiliki Indonesia bisa diwujudkan menjadi kenyataan jika kita membuka hati dan pikiran untuk pengetahuan, saran dan masukan, serta pembelajaran dari orang lain maupun dari diri sendiri.

Kita harus mulai dengan kerendahan hati yang dalam, menerima bahwa kita bisa lebih baik jika kita menghormati satu sama lain, bahwa kita dapat mengadopsi best practices yang ada di dunia, bahwa kita dapat beradaptasi dengan situasi yang challenging, bahwa kita dapat belajar dari keberhasilan maupun kegagalan, dan bahwa kita selalu do things right and do the right things."

Dr. Ridha D. M. Wirakusumah
Chief Executive Officer

Visi INA

INA bertujuan untuk membantu mewujudkan pembangunan Indonesia yang berkesinambungan dan menciptakan kemakmuran bagi generasi mendatang.

Misi INA

Memberikan imbal hasil yang optimal

  • Menyusun perspektif jangka panjang untuk memastikan pengembangan kesejahteraan bagi generasi mendatang
  • Memberikan prioritas pada aspek komersial dan pengembangan kapabilitas untuk memberikan nilai tambah bagi objek investasi
Memberikan imbal hasil yang optimal

Berkolaborasi dengan investor yang kredibel

  • Membangun operasional yang sesuai dan mengikuti kaidah best practices dalam dunia investasi global
  • Membangun reputasi dan citra sebagai institusi yang kredibel dan berkelas dunia
Berkolaborasi dengan investor yang kredibel

Meningkatkan daya saing Indonesia

Mengoptimalkan potensi ekonomi Indonesia secara berkelanjutan, dengan cara meakukan leverage dan penciptaan nilai tambah atas karakteristik unik Indonesia (bonus demografi, sumber daya alam, sumber daya manusia, dan lain-lain)

Meningkatkan daya saing Indonesia

Menciptakan nilai

  • Membuka dan memperkuat nilai jangka panjang dari aset investasi
  • Memberikan dukungan bagi local champions untuk dapat menjadi regional ataupun global champion
Menciptakan nilai

Nilai Dasar INA

Berpedoman terhadap Integritas, Tanggung Jawab, Inovasi, Kolaborasi Simbiotik dan Keunggulan. Kelima nilai INA akan menjadi pertimbangan  keputusan kami saat kami bekerja menuju Indonesia yang lebih baik.

Nilai Dasar INA

Tanggung Jawab

Tanggung Jawab

Nilai Dasar INA

Inovasi

Inovasi

Nilai Dasar INA

Keunggulan

Keunggulan

Nilai Dasar INA

Integritas

Integritas

Nilai Dasar INA

Kolaborasi Simbiotik

Kolaborasi Simbiotik

Tanggung Jawab Kami

Kami percaya bahwa investasi yang bertanggung jawab akan memberikan masa depan berkelanjutan bagi seluruh rakyat Indonesia dan kesuksesan bagi mitra investasi kami.

Investasi yang bertanggung jawab

Investasi yang bertanggung jawab

Kami percaya bahwa berinvestasi secara bertanggung jawab akan mengamankan masa depan jangka panjang seluruh rakyat Indonesia maupun kesuksesan mitra investasi kami. Investasi yang bertanggung jawab adalah investasi yang sehat dan berkelanjutan, yang menggabungkan aspek Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola, seiring dengan memberikan imbal yang menarik serta risiko yang sesuai bagi semua investor.

Investasi yang bertanggung jawab

Komitmen kepada mitra

Kami percaya kita dapat mengejar pembangunan yang berkelanjutan dan sangat berkualitas dengan memberikan nilai pada aset Indonesia melalui cara-cara yang inovatif dan akuntabel, sembari memastikan kepatuhan pada hukum yang berlaku. Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan mitra investor guna memberikan hasil imbal yang optimal.

Komitmen kepada mitra

Komitmen kepada masyarakat

Kami mempunyai komitmen untuk menarik dan mengembangkan talenta terbaik Indonesia sebagai profesional berkelas dunia. Sumber daya manusia kita akan menjadi kekuatan untuk ikut memajukan pembangunan nasional di tahun-tahun mendatang.

Komitmen kepada masyarakat

Assets Under Management

$ 5000000000

Pemerintah Indonesia telah menyuntikkan modal awal sebesar USD 5 miliar ke INA. Penyerahan modal dalam bentuk tunai dilakukan pada Februari 2021 (sebesar USD 1 miliar) dan November 2021 (sebesar USD 1 miliar). Pengalihan saham Pemerintah di dua BUMN kepada INA dilakukan pada Desember 2021 (sebesar USD 3 miliar).

Sebagai bagian dari strategi dan mandat investasi kami, INA ingin berkolaborasi dengan investor yang kredibel, global dan lokal, untuk berinvestasi ke dalam aset-aset di Indonesia. Bersama dengan mitra investor kami, INA berupaya menumbuhkan aset kelolaan (AUM) menjadi USD 20 miliar dalam waktu dekat.

Tim Kami

Kami menyatukan orang-orang paling berpengalaman untuk bekerja dengan standar akuntabilitas dan tata kelola tertinggi.

Dewan Pengawas terdiri dari para tokoh yang memiliki pengalaman internasional dan pengetahuan mendalam terkait investasi, hukum dan peraturan, tata kelola perusahaan, serta manajemen risiko.

Dewan Pengawas

Dewan Direktur INA terdiri dari para profesional berpengalaman yang berasal dari institusi dan perusahaan terkemuka dengan gabungan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola sebuah dana investasi yang sukses.

Dewan Direktur