Cookies Policy

Pemberitahuan Perlindungan Data Pribadi

  1. DEFINISI
  1. "Perusahaan" adalah Indonesia Investment Authority atau penerusnya, apabila berlaku.
  2. "Peraturan PDP" adalah peraturan perundang-undangan mengenai perlindungan data pribadi yang berlaku di Republik Indonesia, termasuk tetapi tidak terbatas pada Undang-Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi, dan peraturan perundang-undangan yang relevan lainnya yang mengatur perlindungan data pribadi.
  3. "Penyandang Disabilitas" adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama, dan yang, dalam berinteraksi dengan lingkungannya, dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan persamaan hak.
  4. "data pribadi" adalah data tentang orang perseorangan yang diidentifikasi atau dapat diidentifikasi secara sendiri-sendiri atau dikombinasikan dengan informasi lainnya baik secara langsung atau tidak langsung melalui sistem elektronik atau non-elektronik. Data di mana identitasnya telah dihilangkan (data anonim) tidak termasuk dalam klasifikasi data pribadi.
  5. "pemrosesan" atau "proses" adalah peristiwa di mana Perusahaan memperoleh, mengumpulkan, menggunakan, menampilkan, mengumumkan, mengungkapkan, memproses, membuka akses ke, menyimpan, mentransfer, memberikan, membagikan, mengelola, mengatur, memusnahkan, dan/atau melindungi data pribadi Anda.
  6. "Anda" adalah subjek data yang merupakan:
    1. karyawan, pejabat, atau pemilik vendor, mitra pengimbang investasi, dan mitra usaha Perusahaan; dan
    2. Individu yang berinteraksi dengan kami, termasuk melalui surat elektronik atau percakapan telepon, yang mengakses, dan menggunakan situs web kami.

  1. DATA PRIBADI YANG KAMI KUMPULKAN DARI ANDA

    1. Hal ini mencakup detail seperti nama lengkap, tanggal lahir, usia, jenis kelamin, jabatan pekerjaan, kewarganegaraan, nomor pokok wajib pajak, kartu identitas dan/atau paspor, nama pengguna Anda, atau pengenal lainnya.
      • Informasi Identifikasi
        Hal ini mencakup detail seperti nama lengkap, tanggal lahir, usia, jenis kelamin, jabatan pekerjaan, kewarganegaraan, nomor pokok wajib pajak, kartu identitas dan/atau paspor, nama pengguna Anda, atau pengenal lainnya.
      • Detail Kontak
        Hal ini mencakup alamat pos, nomor telepon, dan alamat email Anda.
      • Informasi Keuangan
        Data tersebut mencakup nomor rekening bank Anda atau detail pembayaran lainnya yang diperlukan untuk memproses transaksi atau mengelola perihal terkait keuangan dan investasi.
      • Informasi Perusahaan dan Profesional
        Hal ini mencakup informasi tentang perusahaan tempat Anda bekerja (misalnya, nama perusahaan, posisi Anda, dan data perusahaan yang relevan), bersama dengan kualifikasi dan pengalaman profesional Anda, terutama ketika mewakili mitra investasi atau co-investor.
      • Catatan Komunikasi
        Ini adalah rekaman komunikasi apa pun antara Anda dan kami, termasuk email, panggilan telepon, rapat, atau bentuk korespondensi lainnya. Rekaman ini dapat mencakup detail yang berkaitan dengan permintaan, pertanyaan, laporan, pengaduan, atau koordinasi usaha.
      • Informasi Perangkat dan Otomatis
        Hal ini mencakup data teknis seperti informasi login, jenis dan versi browser, alamat IP, sistem operasi, platform, ID perangkat Anda, serta jangka waktu dan pola interaksi Anda dengan situs web kami. Hal ini juga mencakup data dari langganan buletin dan teknologi lain yang digunakan untuk mengakses situs.
      • Informasi Penggunaan
        Hal ini merujuk kepada bagaimana Anda berinteraksi dengan dan menggunakan situs web kami, termasuk pola dan aktivitas penelusuran Anda.
      • Informasi Lokasi
        Hal ini mencakup data tentang lokasi Anda saat menggunakan situs web kami, yang sering kali diperoleh dari perangkat seluler Anda, seperti kode identifikasi unik.
      • Data Terkait Investasi
        Dalam kasus tertentu, kami dapat mengumpulkan detail tentang peran Anda dalam kegiatan investasi, seperti partisipasi dalam komite investasi, dewan penasihat, atau keputusan investasi bersama.
      • Preferensi Pemasaran dan Komunikasi
        Hal ini mencakup preferensi Anda untuk menerima komunikasi pemasaran dari kami atau pihak ketiga dan preferensi komunikasi umum Anda.
    2. Beberapa data pribadi Anda yang kami kumpulkan mencakup data pribadi tertentu. Data pribadi tertentu mencakup data yang berkaitan dengan data biometrik, dan/atau data keuangan.
    3. Kami dapat menyatukan dan/atau menggabungkan data pribadi yang diperoleh dari situs web kami dengan data/informasi lain yang diperoleh oleh kami dari pihak lain. Proses ini memungkinkan kami untuk mengoptimalkan komunikasi, dan mendukung operasi usaha dengan vendor, mitra pengimbang investasi, mitra usaha, dan pemangku kepentingan kami.
    4. Kami juga mengumpulkan, menggunakan, dan membagikan data keseluruhan, seperti data statistik atau demografi, yang tidak dianggap sebagai data pribadi karena data tersebut tidak secara langsung atau tidak langsung mengungkapkan identitas Anda. Misalnya, kami dapat menggabungkan data penggunaan pengunjung situs web untuk menghitung persentase pengguna yang mengakses fitur tertentu di situs web kami. Hal ini membantu kami menganalisis tren umum tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web kami dan memungkinkan kami untuk meningkatkan situs web dan operasi usaha kami.
    5. Jika Anda tidak memberikan data pribadi yang kami minta, kami mungkin tidak dapat memproses Anda sebagai vendor, mitra pengimbang investasi, dan mitra usaha Perusahaan, memberikan informasi yang Anda inginkan, atau memenuhi kewajiban kami kepada Anda.
    6. Kami tidak dengan sengaja mengumpulkan dan memproses data pribadi Penyandang Disabilitas. Jika Anda memerlukan Pemberitahuan PDP ini dalam format yang dapat diakses (misalnya, dalam bentuk braille atau audio), harap hubungi kami melalui detail kontak kami sebagaimana ditetapkan dalam Bagian 17 dari Pemberitahuan PDP ini.
    7. Selain sebagaimana ditetapkan di atas dan jika tidak diminta, harap jangan memberikan, atau mengungkapkan data pribadi Anda kepada kami.
  2. DATA PRIBADI ANDA YANG KAMI KUMPULKAN DARI SUMBER LAIN
  1. Kami juga dapat mengumpulkan data pribadi Anda dari sumber lain, termasuk:
    • Pihak dalam Perusahaan Anda
      Hal ini mencakup individu yang berinteraksi secara langsung dengan kami, seperti perwakilan perusahaan Anda.
    • Rujukan dan Kontak Usaha
      Kami dapat menerima data Anda dari pihak yang merekomendasikan Anda kepada kami, seperti kontak usaha yang menyarankan Anda sebagai calon mitra investasi, vendor, atau mitra usaha.
    • Sumber yang dapat diakses secara publik
      Hal ini mencakup data yang dikumpulkan dari platform yang tersedia secara publik, seperti situs web perusahaan Anda atau platform jejaring media sosial.
    • Penyelenggara Acara dan Penyelenggara Bersama (Co-Host)
      Jika Anda berpartisipasi dalam atau mendaftar pada acara yang kami selenggarakan (hosted) atau kami selenggarakan bersama (co-hosted) dengan pihak ketiga, atau acara yang diselenggarakan oleh pihak ketiga di mana kami hadir, kami dapat mengumpulkan data Anda dari penyelenggara ini.
    • Informasi Penggunaan Situs Web
      Data juga dapat dikumpulkan melalui program analitik yang memantau aktivitas Anda di situs web kami, termasuk partisipasi Anda dalam acara-acara kami.
    • Komunikasi melalui Media Sosial
      Data pribadi apa pun yang dibagikan kepada kami melalui platform media sosial dapat dikumpulkan.
    • Informasi Teknis
      Hal ini mencakup data seperti lokasi Anda saat Anda mengaktifkan fungsi geolokasi di situs web kami, dan dapat dikumpulkan melalui kuki, log server, dan teknologi serupa lainnya.
  2. Jika Anda memberikan data pribadi orang lain (seperti data eksekutif tertentu (misalnya manajer, direktur dan komisaris) dari perusahaan Anda, atau karyawan dari pemasok, penyedia layanan, dan mitra usaha lain dari Perusahaan) kepada kami, atau Anda meminta kami untuk membagikan data pribadi mereka dengan pihak ketiga, Anda dengan ini mengonfirmasikan bahwa mereka telah diinformasikan dan memahami informasi dalam Pemberitahuan PDP ini tentang bagaimana kami akan menggunakan data pribadi mereka.

  1. TUJUAN DAN DASAR HUKUM YANG KAMI GUNAKAN UNTUK PEMROSESAN
  1. Kami memproses data pribadi Anda dengan dasar hukum berikut ini:
    • Untuk memenuhi kewajiban kontraktual antara kami dan Anda atau untuk memenuhi hal-hal yang diperlukan untuk mengadakan suatu perjanjian dengan Anda;
    • Untuk memenuhi kewajiban hukum Perusahaan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dari peraturan perundang-undangan;
    • Untuk memenuhi kepentingan sesuai dengan hukum dari Perusahaan;
    • Untuk memenuhi perlindungan terhadap kepentingan vital Anda; dan/atau
    • Apabila Anda telah memberikan persetujuan secara tegas.

Kami memproses data pribadi Anda untuk tujuan berikut ini:

Tujuan penggunaan data pribadi Anda

Kegiatan usaha

  • Untuk mengonfirmasikan identitas vendor, mitra pengimbang investasi, dan mitra usaha.
  • Untuk mengelola permintaan informasi, usulan, atau proses pengadaan.
  • Untuk menilai apakah pemasok, mitra pengimbang investasi, dan mitra usaha memenuhi syarat untuk mendukung proyek infrastruktur, atau investasi yang selaras dengan tujuan strategis Perusahaan.
  • Untuk mendukung pemberian, penelitian, pengembangan, dan peningkatan strategi investasi, atau proyek infrastruktur yang selaras dengan tujuan jangka panjang Perusahaan.
  • Untuk menyelesaikan dan menandatangani perjanjian dan pesanan pembelian dengan vendor, mitra pengimbang investasi, dan mitra usaha.
  • Untuk berkomunikasi dengan dan menanggapi pertanyaan dari vendor, mitra pengimbang investasi, dan mitra usaha.
  • Untuk mencatat dan memfinalisasikan materi untuk dan dari Perusahaan.
  • Untuk mengelola hubungan dan pemasaran.
  • Untuk pengembangan, implementasi, dan analisis survei pasar dan strategi pemasaran.
  • Untuk membantu manajemen dalam membuat keputusan sesuai dengan kebijakan dan prosedur Perusahaan.
  • Untuk mengelola dan melaksanakan kegiatan operasional internal Perusahaan, seperti pengawasan, peningkatan, dan audit operasi internal.
  • Untuk mengelola usaha seperti manajemen aset, tindakan korporasi (pengambilalihan, penggabungan, pemisahan), dan analisis, audit, atau pemeriksaan internal dengan perusahaan afiliasi.
  • Untuk melakukan analisis statistik atau penelitian yang berkaitan dengan operasi dan afiliasi Perusahaan.
  • Untuk menyesuaikan strategi Perusahaan atau mengevaluasi kinerja Perusahaan.
  • Untuk melakukan kewajiban kontraktual Perusahaan atau melaksanakan hak hukum atau kontraktual.

Hukum, Kepatuhan, dan Manajemen Risiko

  • Untuk mengelola atau menangani risiko, termasuk sengketa hukum atau litigasi.
  • Untuk melaksanakan langkah-langkah keamanan seperti perekaman video (CCTV) di tempat usaha Perusahaan.
  • Untuk mencegah kegiatan kriminal, seperti suap, korupsi, dan penipuan.
  • Untuk melindungi informasi rahasia dan sistem Perusahaan.
  • Untuk mematuhi peraturan anti pencucian uang, anti pendanaan terorisme, dan penipuan pajak, termasuk proses pemeriksaan.
  • Untuk menyimpan data di penyimpanan cloud atau sistem lainnya.
  • Untuk mengelola hal-hal yang berkaitan dengan pemegang jaminan, surat kuasa, atau perwakilan lainnya.

Pembayaran

  • untuk memproses tagihan atau menindaklanjuti klarifikasi mengenai tagihan yang diterima sehubungan dengan proyek investasi atau layanan yang diberikan oleh vendor, mitra pengimbang investasi, dan mitra usaha.

Kerja Sama

  • Untuk memberikan Anda akses ke tempat usaha kami selama kunjungan dan memastikan keamanan gedung.
  • Untuk memproses data pribadi dalam hal terjadi keadaan darurat medis selama kunjungan Anda ke tempat usaha kami.

Komunikasi dan Hubungan Pemangku Kepentingan

  • Untuk berkomunikasi dengan Anda terkait kegiatan usaha, kemitraan, atau peluang investasi.
  • Untuk menjaga dan memperkuat hubungan dengan mitra, co-investor, dan pemangku kepentingan lainnya.
  • Untuk menangani permintaan, pertanyaan, atau koordinasi dari Anda.
  • Untuk mengirimkan pembaruan usaha atau ucapan salam pada acara-acara khusus.
  • Untuk mengundang Anda ke acara atau kegiatan terkait proyek.
  • Untuk menanggapi pertanyaan, pengaduan Anda, atau menyelesaikan masalah dan sengketa.

Administrasi Produk, Layanan, dan Pembayaran

  • Untuk menilai, memproses, dan memberikan layanan, fasilitas, atau peluang investasi.
  • Untuk mengelola dan memproses pembayaran yang berkaitan dengan layanan, proyek, atau fasilitas.

Kegiatan Pemasaran dan Promosi

  • Untuk memberikan informasi atau pembaruan tentang layanan, peluang investasi, dan kegiatan usaha.
  • Untuk melakukan pemasaran langsung untuk proyek dan kemitraan.
  • Untuk memfasilitasi partisipasi Anda dalam dan menyelenggarakan acara, konferensi, atau seminar.
  • Untuk memantau, meninjau, dan meningkatkan acara, promosi, dan layanan.
  • Untuk mengirimkan komunikasi tentang inisiatif investasi baru, pengembangan usaha, atau acara promosi.

Analisis Data dan Riset Pasar

  • Untuk menganalisis informasi dan interaksi pengguna secara keseluruhan untuk meningkatkan operasi usaha.
  • Untuk memproses dan menganalisis data pribadi untuk identifikasi tren dan pengambilan keputusan.
  • Untuk melakukan riset pasar, analisis internal, pembuatan profil, dan survei.

Hukum, Kepatuhan, dan Keamanan

  • Untuk mendeteksi, menyelidiki, dan mencegah kegiatan yang bersifat menipu atau ilegal.
  • Untuk membantu menjaga keamanan situs web dan melindungi data sensitif.
  • Untuk audit, manajemen risiko, kepatuhan hukum, dan pengungkapan yang diperlukan berdasarkan hukum yang berlaku.

Personalisasi dan Pengalaman Pengguna

  • Untuk menyesuaikan konten situs web kami dengan kepentingan Anda dan memberikan layanan berbasis lokasi yang relevan dengan lokasi geografis Anda.

Verifikasi Identitas dan Keamanan

  • Untuk menetapkan identitas dan latar belakang Anda untuk kegiatan usaha dan peluang investasi.
  • Untuk mengautentikasi individu, terutama dalam kemitraan atau transaksi usaha.

Tujuan Administratif Internal

  • Untuk mengelola dan memperbarui catatan internal yang berkaitan dengan kegiatan usaha, mitra, dan pemangku kepentingan.
  • Untuk mendukung proses internal dan operasi usaha secara keseluruhan.
  1. Jika kami meminta persetujuan Anda untuk memproses data pribadi Anda, Anda dapat setiap saat menolak atau menarik persetujuan tersebut. Berkaitan dengan hak Anda untuk menolak atau menarik persetujuan, harap merujuk kepada Bagian 9 dari Pemberitahuan PDP ini.
  2. Kami dapat memproses data pribadi Anda untuk tujuan selain tujuan yang telah kami cantumkan di atas. Kami akan memberitahukan Anda mengenai tujuan ini sebelumnya, seperti melalui pembaruan terhadap Pemberitahuan PDP ini.

  1. BERBAGI DAN/ATAU PENGUNGKAPAN DATA PRIBADI ANDA DAN PIHAK PENERIMA
  1. Kami akan menjaga kerahasiaan data pribadi Anda, tetapi kami dapat membagikan data pribadi Anda dengan pihak ketiga (yang juga harus menjaga keamanan dan kerahasiaan data pribadi Anda) dalam keadaan tertentu, sebagai berikut:
Pihak Ketiga yang Menerima Data Pribadi Anda dan Alasannya

Perusahaan Afiliasi Kami

Kami dapat membagikan data pribadi Anda dengan perusahaan afiliasi kami, termasuk co-investor, penerima investasi, mitra strategis, dan penerus yang diberi wewenang untuk menjalankan usaha kami. Afiliasi ini dapat mencakup mitra global dan domestik, seperti investor infrastruktur, perusahaan teknologi, dan penyedia logistik yang bekerja sama dengan kami untuk mendorong investasi strategis dan mencapai tujuan kami. Tujuan pembagian data dapat mencakup pelaporan internal, analisis usaha, dan memastikan kepatuhan terhadap undang-undang perlindungan data, persyaratan pelaporan keuangan, atau standar peraturan lainnya yang berlaku di yurisdiksi mereka.

Vendor dan Mitra Usaha Kami Lainnya (termasuk subkontraktor mereka)

Pihak ini mencakup penyedia layanan pihak ketiga terpercaya seperti penyelenggara acara dan pelatihan, lembaga keuangan (misalnya, bank), perusahaan asuransi, auditor keuangan, penyedia layanan verifikasi informasi, layanan kurir, penyedia riset pasar, operator telekomunikasi, dan penyedia layanan TI. Kami juga dapat meminta penyedia pihak ketiga untuk membagikan data pribadi Anda dengan agen atau subkontraktor untuk memberikan layanan yang diminta. Vendor ini membantu kami dalam mengirimkan komunikasi, menganalisis data untuk pengembangan, memberikan dukungan pemasaran, mengelola investasi, dan meningkatkan proyek infrastruktur dan efisiensi operasional.

Mitra Usaha dan Usaha Patungan

Kami dapat membagikan data pribadi Anda dengan mitra pengimbang investasi, mitra usaha, dan usaha patungan yang bekerja sama dengan kami. Kami juga dapat membagikan data dengan agen yang bertindak atas nama mitra tersebut.

Perusahaan Media Sosial

Platform media sosial (misalnya, LinkedIn) dapat menerima data pribadi Anda dalam format yang aman. Hal ini memungkinkan platform ini untuk menampilkan pesan yang relevan tentang kami, peluang investasi, atau acara dan mencegah pesan yang tidak relevan jika Anda telah terlibat dengan promosi tertentu.

Badan Pemerintah

Hal ini dapat mencakup berbagai lembaga pemerintah seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Luar Negeri, Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia, Bank Indonesia, dan Badan Pusat Statistik. Lembaga-lembaga ini dapat menerima data untuk memenuhi kewajiban menurut undang-undang.

Pejabat Penegak Hukum dan Otoritas yang Relevan

Kami dapat membagikan data pribadi Anda dengan pejabat penegak hukum dan otoritas yang relevan, di Indonesia dan di luar negeri, yang berkaitan dengan tugas seperti pencegahan kejahatan, penelitian statistik sosial atau ekonomi, atau untuk memenuhi persyaratan peraturan lainnya.

Pihak Ketiga Setelah Restrukturisasi, Penjualan, atau Akuisisi

Dalam hal terjadi restrukturisasi, penjualan aset, penggabungan, atau akuisisi yang melibatkan Perusahaan, kami dapat membagikan data pribadi Anda dengan pihak ketiga, dengan ketentuan bahwa pemrosesan yang dilakukan oleh pihak tersebut selaras dengan tujuan awal yang untuk tujuan tersebut data dikumpulkan.

Penerima Pengalihan Hak atau Kewajiban Kami

Kami dapat membagikan data pribadi Anda dengan orang mana pun yang menerima yang mana pun dari hak atau kewajiban kami berdasarkan syarat dan ketentuan dari perjanjian yang Anda miliki dengan kami, termasuk calon penerima pengalihan atau penerima transfer.

Penasihat Kami atau Penasihat Anda

Hal ini dapat mencakup akuntan, pengacara, notaris, dan penasihat profesional lainnya yang diberi wewenang untuk mewakili atau memberikan layanan atas nama salah satu pihak.

Pihak Lain yang Diberi Wewenang oleh Anda

Kami dapat membagikan data pribadi Anda dengan pihak lain mana pun yang kepadanya Anda telah memberikan wewenang kepada kami untuk mengungkapkan informasi tersebut.

  1. TRANSFER DATA PRIBADI ANDA KE LUAR INDONESIA
  • Kami mungkin diwajibkan oleh undang-undang, peraturan, dan kebijakan internal yang berlaku untuk membagikan data pribadi Anda kepada pihak ketiga tertentu yang terpercaya untuk memenuhi tujuan tertentu. Hal ini dapat mencakup pengungkapan kepada otoritas pemerintah, lembaga penegak hukum, atau otoritas pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sesuai dengan Peraturan PDP, berbagi data juga dapat dilakukan untuk tujuan yang berkaitan dengan keamanan nasional, kepentingan publik, atau penegakan hukum. Selain itu, data dapat dibagikan dengan pihak ketiga sebagai bagian dari kebutuhan operasional kami, seperti untuk pemrosesan pembayaran, logistik, atau kewajiban kontraktual lainnya.
  • Selain itu, kami mungkin perlu mentransfer data pribadi Anda ke luar Indonesia untuk keperluan usaha, seperti kepada perusahaan afiliasi, vendor, mitra pengimbang investasi, dan mitra usaha lainnya yang berdomisili di luar Indonesia, agar penyedia lain tersebut dapat memberikan layanan mereka kepada kami.
  • Dalam mengirimkan data pribadi Anda ke luar negeri, harap dipahami bahwa negara tujuan mungkin memiliki peraturan perlindungan data yang berbeda dengan Indonesia. Dalam keadaan tertentu, pengadilan, pejabat penegak hukum, atau badan pengatur di negara tersebut mungkin memiliki hak untuk mengakses data pribadi Anda.
  • Kami akan mematuhi Peraturan PDP dan melakukan semua tindakan yang wajar dan memadai, seperti mengadakan perjanjian transfer data yang mengikat dengan penerima data, atau memperoleh persetujuan secara tegas dari Anda, untuk memastikan bahwa afiliasi luar negeri kami, mitra pengimbang investasi, mitra usaha, usaha patungan, dan semua pihak ketiga tersebut memberikan tingkat perlindungan yang sebanding dengan komitmen kami berdasarkan Pemberitahuan PDP ini.
  • Saat mentransfer data pribadi ke organisasi di negara lain, kami akan memastikan bahwa mereka setuju untuk menerapkan tingkat perlindungan data pribadi yang setara dengan yang kami terapkan. Apabila hal ini tidak memungkinkan (misalnya, jika peraturan perundang-undangan menetapkan bahwa kami harus mentransfer data pribadi), kami akan memastikan bahwa data pribadi tersebut ditransfer sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apabila otoritas perlindungan data tidak menganggap negara tertentu memiliki tingkat perlindungan data pribadi yang memadai, kami akan menetapkan perlindungan yang sesuai (seperti perlindungan kontraktual), sesuai dengan Peraturan PDP, untuk memastikan bahwa data pribadi Anda dilindungi secara memadai.

  1. PEMROSESAN OTOMATIS DATA PRIBADI ANDA
  1. Kami dapat menggunakan data pribadi Anda, termasuk data pribadi yang bersifat spesifik atau sensitif, untuk keperluan pembuatan profil. Pembuatan profil melibatkan pemrosesan data Anda menggunakan perangkat lunak yang menganalisis faktor-faktor untuk memprediksi risiko atau hasil. Proses ini dapat diotomatisasi dan digunakan untuk pengambilan keputusan terkait hal-hal berikut ini:
    • Pemeriksaan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme;
    • Pemeriksaan identitas dan alamat;
    • Pencegahan tindak pidana atau penipuan; dan
    • Melakukan pembuatan profil dan analisis data untuk:
      • peningkatan sistem dan proses;
      • manajemen risiko dan penipuan;
      • manajemen risiko peraturan dan kepatuhan;
      • menghasilkan wawasan investasi; dan
      • meningkatkan proses sumber daya manusia.
    Selain itu, pembuatan profil atau metode otomatis lainnya dapat digunakan untuk membuat keputusan mengenai komunikasi yang dipersonalisasi melalui berbagai saluran media (misalnya, email, chatbot) dan untuk mengirimkan kepada Anda layanan berbasis lokasi atau konten yang dipersonalisasi seperti buletin elektronik, ucapan salam, dan informasi yang relevan lainnya.
  2. Kegiatan di atas dikenal sebagai 'pengambilan keputusan otomatis', dan kami melakukannya sebagai bagian dari tujuan yang untuk tujuan tersebut kami menggunakan data pribadi Anda dan dasar hukum yang telah kami tetapkan dalam Bagian 4 dari Pemberitahuan PDP ini.
  3. Anda dapat menghubungi kami untuk menolak pengambilan keputusan otomatis berkenaan dengan Anda, sebagaimana kami tetapkan dalam Bagian 9 dari Pemberitahuan PDP ini.

  1. PENYIMPANAN DATA PRIBADI
  1. Kami akan menyimpan data pribadi Anda selama Anda menjalin hubungan aktif dengan kami, baik sebagai pengunjung situs web, mitra usaha, atau peserta proyek. Setelah Anda tidak lagi terlibat secara aktif dengan kami atau proyek atau kegiatan usaha kami, kami akan menyimpan data pribadi Anda selama suatu periode yang sesuai dengan jenis data dan tujuan yang untuk tujuan tersebut data tersebut dikumpulkan, atau selama diwajibkan atau diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    Hal ini mencakup data yang dikumpulkan untuk tujuan seperti koordinasi proyek, komunikasi usaha, atau kepatuhan terhadap peraturan. Selain itu, data pribadi yang disimpan melalui situs web kami dapat disimpan selama perpanjangan periode untuk memenuhi persyaratan usaha yang sedang berlangsung, seperti memelihara catatan, meningkatkan layanan, atau memenuhi kewajiban hukum. Kami hanya akan menyimpan data Anda selama diperlukan untuk memenuhi tujuan ini.
  2. Kami menyimpan data pribadi Anda sesuai dengan kebijakan penyimpanan catatan internal kami. Saat menentukan periode penyimpanan yang relevan, faktor-faktor berikut ini dapat menjadi bagian dari pertimbangan keseluruhan:
    1. kewajiban dan hak kontraktual kami yang berkaitan dengan data pribadi yang terlibat;
    2. kewajiban(-kewajiban) hukum berdasarkan hukum yang berlaku untuk menyimpan data selama periode tertentu;
    3. kepentingan kami yang sesuai dengan hukum apabila kami telah melakukan uji coba keseimbangan;
    4. pedoman yang dikeluarkan oleh otoritas perlindungan data yang relevan; dan
    5. kebutuhan untuk:
      1. menyimpan catatan kegiatan usaha kami untuk keperluan analisis atau audit;
      2. mematuhi peraturan perundang-undangan, termasuk peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penyimpanan data dan dokumen (misalnya, pencegahan, deteksi, dan penyelidikan mengenai pencucian uang dan pendanaan terorisme);
      3. membela atau mengupayakan (potensi) tindakan hukum, sengketa/litigasi, termasuk mengantisipasi tindakan tersebut yang berkaitan dengan hubungan kami dengan Anda atau perusahaan Anda;
      4. membantu dalam memantau dan mencegah pelanggaran penipuan, pelanggaran, atau pelanggaran kepatuhan yang berkaitan dengan investasi dan proyek Perusahaan;
      5. memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan kerangka kerja investasi, termasuk kewajiban transparansi terkait dengan kemitraan investasi asing;
      6. mendukung proses uji tuntas dan manajemen risiko dengan co-investor, mitra, atau lembaga pemerintah; dan
      7. membantu dalam memenuhi persyaratan pelaporan kepada pemangku kepentingan internasional yang relevan, termasuk mitra investasi asing dan badan pengatur.
  1. Periode penyimpanan data pribadi sering kali dikaitkan dengan periode waktu untuk mengajukan gugatan hukum. Kami akan menyimpan data pribadi melebihi periode tersebut jika:
    1. kami harus melakukannya berdasarkan kewajiban hukum yang berlaku; atau
    2. terdapat risiko gugatan hukum yang mengharuskan kami untuk menyimpan data pribadi Anda.
    Jika kami perlu menyimpan data pribadi Anda untuk periode waktu yang lebih lama, kami akan terus melindungi data pribadi tersebut.
  2. Kami akan menghilangkan, menghancurkan, atau menghapus sarana yang melalui sarana tersebut data pribadi dapat dikaitkan dengan Anda sebagai individu jika data pribadi tersebut tidak lagi diperlukan untuk tujuan yang telah kami uraikan, jika periode penyimpanan telah berakhir. Jika Anda menarik persetujuan Anda atau meminta penghilangan data Anda, kami akan mematuhi permintaan Anda sesuai dengan Peraturan PDP, kecuali apabila kami diharuskan atau diberi wewenang untuk menyimpan data untuk alasan hukum atau tujuan usaha.
  3. Harap dicatat bahwa masih terdapat kemungkinan bahwa beberapa data pribadi Anda mungkin disimpan oleh pihak lainnya, termasuk oleh lembaga pemerintah dengan cara tertentu. Dalam hal kami membagikan data pribadi Anda kepada lembaga pemerintah yang berwenang dan/atau lembaga lainnya yang mungkin ditunjuk oleh otoritas pemerintah atau yang bekerja sama dengan kami, Anda setuju dan mengakui bahwa penyimpanan data pribadi Anda oleh lembaga yang relevan akan mengikuti kebijakan mereka masing-masing tentang penyimpanan data.

  1. HAK ANDA SEBAGAI SUBJEK DATA
  1. Anda memiliki beberapa hak sebagai subjek data, sebagaimana ditetapkan di bawah ini:
Hak Anda

Hak untuk memperoleh informasi

Anda memiliki hak untuk memperoleh informasi tentang identitas dan akuntabilitas Perusahaan, tujuan pemrosesan data, dan dasar hukum untuk pemrosesan tersebut.

Hak untuk mengakses

Anda memiliki hak untuk meminta dan memperoleh akses ke data pribadi Anda yang kami miliki setiap saat, termasuk memperoleh salinan dari data tersebut.

Hak untuk memperbaiki

Anda memiliki hak untuk melengkapi, memperbarui, dan memperbaiki kesalahan atau ketidakakuratan apa pun dalam data pribadi Anda.

Hak untuk menghapus dan menghilangkan

Anda memiliki hak untuk meminta penghentian pemrosesan, penghapusan, atau pemusnahan data pribadi Anda.

Hak untuk menarik persetujuan

Anda memiliki hak untuk menarik persetujuan Anda untuk pemrosesan data pribadi Anda setiap saat.

Hak untuk menolak pengambilan keputusan otomatis

Anda memiliki hak untuk menolak keputusan yang dibuat semata-mata berdasarkan pemrosesan otomatis, yang memiliki konsekuensi hukum atau dampak signifikan terhadap Anda.

Hak atas pembatasan

Anda memiliki hak untuk meminta penundaan atau pembatasan dalam pemrosesan data pribadi Anda secara proporsional.

Hak atas portabilitas data

Anda memiliki hak untuk meminta agar data pribadi Anda dipindahkan atau ditransfer dari sistem kami ke sistem lain, apabila memungkinkan secara teknis dan aman.

  1. Kemampuan Anda untuk mengajukan permohonan untuk pemenuhan hak-hak ini tergantung pada sejumlah faktor, dan dalam beberapa keadaan, kami mungkin tidak dapat memenuhi permintaan Anda (misalnya, jika kami memiliki alasan yang sah untuk tidak memenuhinya atau hak tersebut tidak berlaku untuk data pribadi tertentu yang kami miliki tentang Anda).
  2. Harap dicatat bahwa pelaksanaan beberapa hak (seperti penarikan persetujuan) dapat membatasi kemampuan Perusahaan untuk memenuhi kewajibannya kepada Anda atau perusahaan tempat Anda bekerja.
  3. Dalam keadaan tertentu dan apabila wajar dan dapat dilaksanakan berdasarkan Peraturan PDP, kami dapat membebankan kepada Anda biaya yang wajar untuk biaya administratif kami dalam pemenuhan hak Anda.
  4. Jika Anda menginginkan informasi lebih lanjut tentang hak Anda atau Anda ingin mengajukan permintaan untuk melaksanakan hak Anda, Anda dapat menghubungi kami secara tertulis melalui detail kontak kami sebagaimana ditetapkan dalam Bagian 17 dari Pemberitahuan PDP ini.

  1. BAGAIMANA KAMI MELINDUNGI DATA PRIBADI ANDA
  1. Kami memperhatikan keamanan data pribadi Anda dengan sangat serius dan melakukan upaya yang wajar untuk melindungi yang mana pun dari data pribadi Anda. Kami terus berusaha untuk meningkatkan standar perlindungan kami; namun, kami tidak bertanggung jawab atas kerugian apa pun yang timbul dari pemusnahan atau kehilangan data pribadi Anda yang terjadi di luar kendali kami. Kami menyimpan data pribadi Anda dengan: 
    1. Memanfaatkan berbagai lapisan metode enkripsi dan teknologi perlindungan data untuk memastikan keamanan data pribadi Anda di tingkat penyimpanan, ketika memproses, dan saat transit;
    2. Membatasi akses ke data pribadi Anda; 
    3. Memastikan log audit tersedia di area yang menyimpan data pribadi untuk mencegah akses yang tidak sah;
    4. Memusnahkan data pribadi Anda dengan aman ketika kami tidak lagi membutuhkannya untuk tujuan yang diuraikan dalam Bagian 4 dari Pemberitahuan PDP ini; dan
    5. Menerapkan kebijakan dasar untuk pengelolaan dan penyimpanan data pribadi yang aman dan tepat.
  2. Kami terus berusaha untuk meningkatkan standar perlindungan kami; namun, Anda mengakui bahwa kami tidak bertanggung jawab atas kerugian apa pun yang timbul dari pemusnahan atau kehilangan data pribadi Anda yang terjadi di luar kendali kami.
  3. Dalam peristiwa yang tidak terduga di mana kami yakin bahwa keamanan data pribadi Anda yang ada dalam penguasaan atau kendali kami mungkin telah disusupi, kami dapat memberitahukan Anda atas kebijaksanaan kami sendiri selambat-lambatnya pada batas waktu menurut undang-undang. Jika pemberitahuan sesuai atau diwajibkan oleh Peraturan PDP, kami akan berusaha untuk melakukannya sesegera mungkin dalam keadaan tersebut, tetapi selambat-lambatnya pada batas waktu menurut undang-undang untuk pemberitahuan berdasarkan Peraturan PDP setelah mengetahui masalah tersebut. Jika kami memiliki alamat email Anda, kami dapat memberitahukan Anda melalui email sebagai sarana pemberitahuan tersebut.

  1. TINDAKAN KORPORASI
  1. Mungkin terdapat keadaan di mana kami mentransfer sebagian atau semua aset kami. Tindakan korporasi tersebut mungkin memiliki beberapa implikasi pada data pribadi Anda. Kami dapat mengambil langkah-langkah tersebut dalam hal penggabungan, pemisahan, akuisisi, konsolidasi, atau pembubaran badan hukum kami, penjualan aset atau hal-hal lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang relevan. Kami akan memastikan bahwa setiap tindakan korporasi tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan PDP dan bahwa langkah-langkah keamanan yang memadai diambil untuk melindungi data pribadi Anda.
  2. Kami juga dapat mengungkapkan data pribadi Anda kepada pihak ketiga yang terlibat dalam transaksi, seperti konsultan hukum, auditor, dan badan pengatur apabila diperlukan untuk tujuan menyelesaikan tindakan korporasi.
  3. Anda memiliki hak untuk memperoleh informasi mengenai perubahan apa pun dalam pengendalian data pribadi Anda dan tujuan yang untuk tujuan tersebut data diproses setelah tindakan korporasi di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan apa pun tentang bagaimana data pribadi Anda akan ditangani dalam hal terjadi tindakan korporasi yang melibatkan kami, harap hubungi kami melalui detail kontak kami sebagaimana ditetapkan dalam Bagian 17 dari Pemberitahuan PDP ini.
  4. Dalam hal terdapat tindakan korporasi yang melibatkan kami, kami dapat memperbarui Pemberitahuan PDP ini untuk mencerminkan setiap perubahan dalam cara kami memproses data pribadi Anda. Setiap pembaruan akan dikomunikasikan kepada Anda melalui situs web kami atau bentuk media komunikasi lainnya.

  1. KUKI HTTP DAN TEKNOLOGI TERKAIT
  1. Situs web kami mengumpulkan data log internet standar (misalnya, tanggal dan waktu kunjungan, alamat IP, jenis browser, sistem operasi, URL rujukan, informasi yang diambil di situs web kami) dan pola perilaku pengunjung untuk memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan berbagai bagian dari situs. Informasi ini dikumpulkan melalui kuki HTTP, fail teks kecil yang ditempatkan di perangkat Anda, atau web beacon yang membantu meningkatkan fungsionalitas situs web dan pengalaman pengguna. Yang penting, data yang dikumpulkan tidak terkait dengan data pribadi apa pun. Setiap kuki memiliki penerbit, yang menunjukkan pemiliknya. Saat Anda mengunjungi situs web kami, kami dapat menempatkan kuki "pihak pertama" di perangkat Anda. Kuki yang ditetapkan oleh perusahaan pihak ketiga, seperti platform media sosial atau jaringan iklan, disebut kuki "pihak ketiga" (misalnya, Google Analytics). Harap periksa pemberitahuan PDPnya masing-masing untuk informasi tentang pengumpulan data, langkah-langkah keamanan, dan detail terkait.
  2. Kami menggunakan kuki untuk berbagai tujuan yang berbeda, seperti mengingat preferensi Anda, memungkinkan Anda untuk menavigasi antar halaman secara efisien, memastikan bahwa iklan yang Anda lihat lebih relevan bagi Anda, dan secara umum meningkatkan pengalaman daring Anda.
  3. Jika Anda tidak ingin kami menggunakan kuki, atau ingin diberitahu kapan kuki digunakan, Anda dapat mengatur browser Anda untuk melakukannya jika browser Anda mendukungnya.

  1. PERUBAHAN PADA PEMBERITAHUAN PDP INI
  1. Kami dapat mengamendemen atau memperbarui Pemberitahuan PDP ini dari waktu ke waktu. Sebelum perubahan ini berlaku, kami akan memberitahukan Anda mengenai perubahan tersebut dengan memposting informasi perubahan tersebut di situs web atau melalui email Anda. Kami merekomendasikan Anda untuk meninjau halaman ini dari waktu ke waktu untuk tetap memperoleh informasi pembaruan terakhir tentang bagaimana kami melaksanakan ketentuan-ketentuan dari Pemberitahuan PDP ini.
  2. Jika perubahan pada Pemberitahuan PDP ini akan berdampak besar pada apa yang kami lakukan dengan data pribadi Anda atau pada Anda secara pribadi, kami akan memberikan pemberitahuan yang memadai untuk memungkinkan Anda untuk melaksanakan hak Anda (misalnya, untuk menolak pemrosesan data).

  1. PENERAPAN
  1. Mungkin terdapat ketentuan-ketentuan lain mengenai data pribadi yang dapat tersedia untuk Anda melalui dokumentasi lain selain Pemberitahuan PDP ini.
  2. Dalam hal terdapat pertentangan antara ketentuan-ketentuan lain tersebut dan ketentuan-ketentuan dalam Pemberitahuan PDP ini, ketentuan-ketentuan dalam Pemberitahuan PDP ini yang akan berlaku, kecuali secara tegas dinyatakan lain dalam dokumentasi lain tersebut.

  1. LAIN-LAIN
  1. Pemberitahuan PDP ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.
  2. Sengketa apa pun yang timbul dari atau sehubungan dengan kontrak ini, termasuk persoalan mengenai keberadaan, keabsahan atau pengakhirannya, akan dirujuk kepada dan diselesaikan secara final melalui arbitrase yang diselenggarakan oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia ("BANI") sesuai dengan Aturan Arbitrase dari BANI yang berlaku pada saat itu, yang aturannya dianggap telah dimasukkan dengan rujukan dalam klausul ini. Tempat kedudukan arbitrase adalah Jakarta, Indonesia. Majelis terdiri dari arbiter yang ditunjuk oleh Ketua BANI. Bahasa arbitrase adalah bahasa Indonesia.

  1. PEMBERITAHUAN DAN KOMUNIKASI
  1. Kami dapat mengirimkan pesan kepada Anda melalui email, pos, telepon, pesan teks, atau metode digital lainnya, serta melalui metode baru yang mungkin tersedia di masa mendatang.
  2. Pesan-pesan ini bertujuan untuk:
    1. Memenuhi kewajiban hukum kami, seperti mengenai perubahan terhadap perjanjian dengan Anda dan memberitahukan apabila terjadi insiden kegagalan untuk melindungi data pribadi Anda; dan
    2. Memberitahukan Anda mengenai peluang investasi (termasuk dari mitra kami) yang mungkin menarik bagi Anda. Pesan seperti ini adalah pesan pemasaran. Anda dapat meminta kami untuk berhenti atau mulai mengirimkan pesan pemasaran kepada Anda setiap saat dengan menghubungi kami.
  1. HUBUNGI KAMI

Anda dapat menghubungi kami, seperti untuk mengajukan pertanyaan apa pun mengenai Pemberitahuan PDP ini atau untuk meminta pemenuhan hak Anda sebagai subjek data. Anda dapat menghubungi kami di compliance@ina.go.id.

  1. BAHASA

Terjemahan bahasa setempat apa pun (misalnya, bahasa Indonesia) dari Pemberitahuan PDP ini hanya berlaku untuk tujuan rujukan, dan hanya versi bahasa Inggris yang akan diutamakan. Jika terdapat inkonsistensi antara versi yang berbeda, versi bahasa Inggris yang akan berlaku.